Tips Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalis

pinterest

Dalam membangun sebuah rumah tidak boleh dibangun dengan asal – asalan. Setiap aspek yang melengkapi rumah harus dipikirkan dengan seksama. Termasuk juga mengenai bentuk atapnya harus dipikirkan dengan seksama.

Karena sebuah rumah yang dibangun tidak hanya perlu memancarkan keindahan dan kesan damai tetapi juga harus memiliki fungsi yang seharusnya, yaitu sebagai tempat untuk berlindung dan berteduh bersama anggota keluarga.

Dalam kaitannya dengan bentuk atap, yang harus diperhatikan adalah konstruksi atap. Konstruksi atap merupakan elemen penting dan harus dibuat sekokoh mungkin. Mengenai bentuknya sendiri ada bermacam – macam. Tentunya anda harus pilih sesuai dengan model rumah yang akan anda bangun. Disini kami akan berikan uraian informasinya untuk anda mengenai aspek apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat dan memilih bentuk atap untuk rumah minimalis. Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalis

Dalam memilih bentuk atap, tentunya harus disesuaikan dengan tipe rumah anda. Misalnya anda akan membangun sebuah rumah minimalis sederhana, anda bisa menggunakan bentuk atap datar atau bentuk atap standar. 

Selain itu, ada beberapa aspek juga yang harus anda pertimbangkan dalam memilih bentuk atap untuk rumah minimalis salah satunya adalah :

Pertimbangan Cuaca

Seperti apakah cuaca di daerah sekitar tempat yang akan anda bangun rumah? Ya, sebelum anda membangun sebuah rumah, anda juga perlu untuk mempertimbangkan cuaca yang ada disana. Apakah cuacanya panas ataupun cuacanya cenderung dingin.

Tentunya anda ingin rumah senantiasa sejuk dan tenang didalam rumah. Jika memang anda tinggal di daerah yang panas tetapi ingin suasana rumah yang sejuk dan tenang, anda bisa mulai memilih bentuk atap pelana.

Bentuk atap pelana sendiri terdiri dari 2 bidang miring yang berpotongan di tengahnya, kebanyakan orang menyebut sebagai bubungan. Kemiringan atap bisa 30 sampai dengan 45 derajat. Keunggulan rumah tidak akan terasa cepat panas dan pemeliharaannya juga akan lebih mudah.

Sementara bagi anda yang akan membangun sebuah rumah di daerah yang punya cuaca dingin, bentuk atap rumah yang akan sangat cocok dengan anda yaitu bentuk atap datar. Jangan lupa untuk memberikan tempat keluarnya air agar tidak ada air yang menggenang di atap ketika terjadi hujan nantinya. Dengan begini rumah anda bisa terasa hangat.

Pertimbangkan Model Rumah

Selain cuaca, yang juga harus anda perhatikan adalah soal model rumah. Seperti apa model rumah anda, apakah model rumah anda merupakan model rumah minimalis berkonsep vintage ataukah modern. Karena model atap rumah yang cocok dengan konsep model rumah vintage akan berbeda dengan konsep model atap rumah yang cocok dengan konsep model rumah modern.

Nah, itulah sedikit uraian informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas mengenai Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalisbermanfaat.